Service Printer Canon IX 6560

Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya kemaren service printer Canon IX 6560, di daerah trosobo tepatnya di perumahan citra harmoni trosobo sidoarjo. saya di telepon mengenai kerusakan printer Canon IX 6560, user mengatakan printer tidak bisa print dan lampu menyala. sebenernya saya sudah ragu untuk datang karena biasanya pasti lumayan susah, dan bagi saya tempat itu lumayan jauh.

singkat cerita kisaran jam 1 siang saya sampai di lokasi, tanpa basa basi langsung check itu printer Canon IX 6560. saya test saya nyalakan dan saya lakukan self test print Canon IX 6560 nya. dengan menekan tombol resume. Nozzle test berhasil, dan dari warna yang terlihat, hitam nya putus putus, dan warna kuning tidak keluar.

Hubungi teknisi printer atau bawa ke service center printer

saya coba tanyakan kronologi dan hal apa yg sdh dilakukan, menurut pengakuan pemakai, yang kebetulan seorang desainer mungkin dari teknik sipil, krn mengggambar desain bangunan, kan sipil ya? ah sok kepo nih abang. 😀 dia sudah melakukan 1, dengan mengankat tabung tinta samping, karena printer Canon IX 6560 ini sudah di modif. tabung di angkat, dan ternyata tinta nya banjir, membasahi carriage atau rumah head nya. saya lihat tabung modif nyaris kosong. saya bilang kok tidak di isi bang? dia mengatakan bahwa kemaren di isi penuh, dan setelah diangkat langsung habis. dan tinta meluber kemana mana.

Itulah kronologi nya. kini giliran saya unt membetulkan, apa yang saya lakukan:

  1. semua catridnya saya lepas, karena saya melihat lubang untuk memasukkan selang nya sepertinya tidak pas, dan seal nya pasa mau lepas
  2. saya lakukan perbaikan lubang pada catrid nya, ini bisa menjadi catatan untuk anda, kalau anda mencari tukang modif printer, cari yang memang bener bener bisa. kenapa saya utarakan ini. karena dari printer Canon IX 6560 yang saya benahi sekarang nampak lubang pada catrid tidak di lubangi dengan bor yang memang untuuk catrid yang sesuai dengan ukuran seal yang standart. nampak nya teknisi ini menggunakan solder sehingga selain ukuran tidak pas untuk seal hasil lubang yang di buatpun tidak bisa presisi, yang mengakibatkan catrid bocor.
  3. saya bor ulang catridnya dan saya rapikan kembali dengan cutter supaya bisa rapat pemasangan seal nya.
  4. pemasangan kembali seal baru dan selang selang tinta yang tadi saya lepas.
  5. oke, perihal catrid, selang dan lubang kini sudah benar dan tinta sudah tidak kembali lagi ke tabung, yang menandakan catridnya sudah bisa vacum bener.
  6. saya uji coba test nozzle, lampu berkedip dan tidak bisa print.
  7. saya lakukan check kembali pada pin di carriage dan pin di catrid nya
  8. nambak karena luberan tinta yang ada berpengaruh pada koneksi catrid dengan rumah head atau carriage printer Canon IX 6560 ini.
  9. setelah bisa dilakukan test, hasil print pada nozzle kini sudah normal

Catatan:

  1. jangan berusaha memperbaiki sendiri printer anda kalau anda merasa tidak yakin bisa membetulkan printer anda, kenapa? karena bisa berakibat printer tambah rusak, anda boleh berusaha membetulkan printer anda sendiri kalau anda sdh memang benar benar siap kehilangan atau kerusakan akan lebih parah.
  2. panggil teknisi printer terdekat yang memang bener bener tahu dan bisa membenahi printer anda yang rusak.
  3. atau kalau memang tidak ada teknisi, bawa saja ke service centernya, kecuali anda Nothing to lose dengan printer anda.

demikian catatan saya kemaren mengenai printer Canon IX 6560 yang saya benahi. semoga informasi yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk anda, dan anda mungkin bisa juga membagikan info ini apabila menurut anda info ini bermanfaat.  terimakasih sudah mengunjungi halaman saya ini. kalau ada salah kata mohon di maafkan.

Terimakasih.

service printer canon ix surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *