Kelebihan dan Kekurangan printer Epson L3150

Printer Epson L 3150

Bagi kamu semua yang sedang mencari informasi mengenai printer Epson l3150, saya akan berbagi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan printer Epson l3150 menurut background saya sebagai seorang teknisi printer. 

Printer Epson l3150 adalah printer all-in-one. Yang bisa diartikan adalah printer yang dilengkapi dengan print scan dan copy. Artinya kamu bisa melakukan printing scanning dan copy dengan satu perangkat alat printer Epson l3150. Masing-masing perangkat printer membawa kelebihan dan kekurangannya masing masing. Demikian juga dengan printer Epson l3150 ini. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari printer Epson 3150 ini kita akan belajar bersama dan saya akan sharing pengalaman saya mengenai printer Epson l3150 ini menurut versi saya sebagai teknisi printer. 

Kelebihan printer Epson L3150

1. All-in-one printer atau bisa juga disebut printer multifungsi.

Printer ini adalah printer all-in-one, yang memudahkan anda untuk bekerja tanpa perlu membeli alat yang lain terutama scanner dan fotocopy karena printer ini sudah dilengkapi dengan print scan dan copy. Untuk mendukung kebutuhan pekerjaan anda, printer ini layak untuk dipertimbangkan mengingat tidak memakan tempat yang terlalu besar.

2. Kemampuan pencetakan atau kapasitas printer yang dihasilkan cukup besar.

Seperti yang direkomendasikan dari website resmi Epson Indonesia, kapasitas cetak tinta warna yang dihasilkan adalah 7500 halaman. Dan untuk kapasitas cetak warna hitam adalah 4500 halaman. Dari informasi ini anda jangan menafsirkan bahwa printer ini hanya bisa mencetak 7500 halaman saja. 7500 halaman itu adalah kapasitas cetak dari tinta yang anda isikan ke dalam tangki tinta. Padahal kondisi real pemakaian printer ini bisa mencetak hingga ratusan ribu lembar. Selama anda menggunakan printer ini sesuai dengan standar operasional yang benar mengenai cara pemakaian dari printer tinta Epson. Mengenai cara pemakaian dari printer tinta Epson yang sesuai dengan standar pencetakan yang benar Anda bisa mencari artikel atau informasi mengenai hal tersebut dari website ini. Terbukti bahwa printer ini memang cukup awet dan memiliki daya tahan yang tinggi didalam membantu Anda mendukung pekerjaan Anda terutama untuk kebutuhan sistem administrasi di sebuah perkantoran di sekolah atau di instansi-instansi yang lain.

3. Printer ini dilengkapi dengan koneksi printer wi-fi dan wi-fi direct. 

Apa arti dari koneksi wi-fi dan koneksi wi-fi direct?

Koneksi printer wi-fi, printer ini dilengkapi dengan koneksi wi-fi, yang artinya adalah kamu bisa melakukan pencetakan baik itu melalui handphone atau melalui komputer atau melalui laptop tanpa menggunakan kabel USB atau kabel data. Atau orang juga menyebutnya nirkabel. Atau tanpa kabel. Jadi cukup mudah dan cukup simple. Apabila anda menggunakan koneksi printer wi-fi, berarti Anda harus menghubungkan dengan access point yang ada di rumah anda, printer ini harus dihubungkan dulu dimasukkan ke dalam jaringan access point di rumah Anda kemudian alat entah itu laptop komputer atau handphone yang akan melakukan perintah print harus juga terhubung dengan access point yang ada di rumah anda itu baru nanti anda bisa melakukan pencetakan menggunakan fasilitas wi-fi.

 

Koneksi printer wi-fi direct. Apakah artinya?

Koneksi printer wi-fi direct, adalah fasilitas yang diberikan oleh printer apabila sebuah peralatan ingin melakukan perintah printing melalui printer Epson l3150 ini dengan pencetakan tanpa kabel dan tidak perlu terkoneksi dengan access point. Arti dari wifi direct disini adalah dari alat yang akan melakukan perintah tersebut langsung melakukan print kepada printer Epson l3150. Ada beberapa tahapan setting yang harus dikerjakan yang harus di-setting, supaya fitur dari wi-fi direct ini bisa bekerja pada printer Epson l3150.

4. Kecepatan pencetakan dari printer Epson l3150. 

Printer Epson l3150 memiliki kecepatan untuk pencetakan adalah sebagai berikut sesuai dengan spesifikasi yang diberikan dari website resmi printer Epson Indonesia. Dimana kecepatan perintah pencetakan untuk warna hitam adalah 10 lembar per menit artinya printer ini mampu menghasilkan pencetakan hingga 10 lembar per menit. Sedangkan untuk menciptakan mode warna memiliki kecepatan 5 lembar per menit. Tentunya hal ini dipengaruhi juga oleh kualitas printer output yang anda telah setting. Tentunya untuk kecepatan grafik kecepatan normal dan kecepatan high resolusi akan berbeda kecepatan pada printer Epson l3150 ini.

Printer ini memiliki resolusi atau kerapatan cetaknya atau bisa juga disebut resolusi cetak atau DPI adalah 5760 DPI.

Printer Epson L3150

5. Dukungan garansi resmi dari printer Epson Indonesia. 

Ini juga menjadi salah satu kelebihan dari printer Epson l3150 yaitu garansi resmi dari PT Epson Indonesia. Garansi resmi yang diberikan dari Epson Indonesia adalah 2 tahun garansi atau 3000 lembar cetak. Tergantung mana yang terlebih dulu akan tercapai dari kedua opsi garansi yang diberikan dari Epson Indonesia. Jadi bisa diartikan seperti ini, apabila terjadi kerusakan sebelum usia printer ini mencapai 2 tahun dan pencetakan masih belum sampai 3000 lembar berarti printer ini ini selama 2 tahun menjadi di tanggungan Epson Indonesia apabila terjadi kerusakan dari printer ini. Akan tetapi apabila sebelum 2 tahun tetapi printer ini sudah mencetak lebih dari 3000 lembar berarti garansi sepanjang 2 tahun akan hilang karena percetakan sudah melebihi 3000 lembar cetak. Untuk mengetahui berapa lembar printer telah melakukan pencetakan Anda bisa menggunakan fitur cek nozel atau fitur pengecekan mulut semprot. Disini akan dijelaskan mengenai data-data mulai dari printer ini digunakan pertama tanggal berapa, hingga pencetakan total sudah berapa ribu lembar cetak warna, sudah berapa lembar cetak hitam, semua sudah dicatat oleh printer ini kemudian dilaporkan melalui pengecekan mulut semprot atau cek nozel dari printer ini. Hal ini juga menjadi satu kelebihan dari printer Epson yang layak untuk Anda pertimbangkan. 

Setelah kita membahas mengenai kelebihan dari printer Epson l3150, kita juga akan membahas mengenai kekurangan dari printer Epson l3150 ini. Beberapa hal yang menjadi catatan saya sebagai teknisi printer akan saya bagikan di website ini semoga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang akan membeli printer Epson l3150. Apa saja yang menjadi kekurangan dari printer ini silakan Anda menyimak dari penjelasan saya yang ada di bawah.

Kekurangan printer Epson L3150

1. Seperti printer printer Epson sebelumnya printer Epson l3150 ini juga menyertakan fitur batas daya tampung pembuangan.

Atau ink pad counter. Hampir semua printer pasti menyertakan batas daya tampung pembuangan limbah nya. Tidak terkecuali juga printer Epson l3150 ini. Jadi jangan kaget apabila sudah mendekati 8000 lembar kemungkinan printer ini dia akan berhenti melakukan pencetakan yang ditandai dengan lampu blinking bersamaan dari power, kertas dan tinta dia akan berkedip bersamaan yang menandakan bahwa printer ini sudah memasuki ambang batas daya tampung pembuangan limbah, secara software printer. Jadi supaya printer ini bisa digunakan kembali printer harus dilakukan reset printer atau dilakukan adjustment printer supaya printer bisa digunakan kembali. 

2. Kekurangan dari printer Epson l3150 yang kedua

adalah seringnya printer ini mengalami error loading paper karena sudah lemahnya karet roll penarik printer. Sehingga kadang printer ini sering mengalami indikator error paper jam. Yang dikarenakan roll printernya sudah tidak bekerja secara maksimal.

3. Kekurangan dari printer Epson l3150 yang ketiga adalah sensor encoder bulat dari printer ini atau sensor vertikal sering terlepas dari as nya.

Kenapa hal ini terjadi, karena dari pabrik printer Epson l3150 ini perekatan untuk sensor encoder bundar itu tidak seberapa awet yang artinya kadang setelah dia berputar sekian puluh ribu dia akan mengalami tingkat kerekatan dari sensor printer ini ini sudah mulai melemah sehingga kadang sensor bulatnya terlepas dari tempatnya yang menyebabkan printer ini error. Ini yang juga menjadi catatan dari saya, mungkin bisa menjadi masukan juga untuk PT Epson di mana sistem perekatan untuk sensor encoder bulat itu diusahakan supaya lebih rekat lagi supaya lebih awet dan tahan lama dan tidak mudah terlepas.

4. Kekurangan yang keempat dari printer Epson l3150 adalah dari kabel fleksibel untuk sensor head.

Kabel fleksibel nya sangat tipis kualitasnya kurang bagus sehingga apabila terjadi selip sekali atau dua kali saja akan berdampak pada putusnya kabel fleksibel untuk jangka panjang apabila sudah sekali atau dua kali mengalami selip pada kabel fleksibel ini karena begitu nanti sudah terlipat akan sulit untuk dibetulkan dari pita kabel fleksibel Epson l3150. Hal ini juga menjadi catatan supaya mungkin ke depannya Epson mengganti kabel fleksibel yang lebih bagus, lebih tebal kualitasnya sehingga printer ini ini bisa bertahan atau bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih panjang lagi.

5. Kekurangan dari printer Epson l3150 yang kelima adalah kualitas dari selang pembuangan yang kurang bagus.

material kurang kuat sehingga apabila printer ini dipakai untuk 1 pekerjaan yang terus-menerus itu seringkali kejadian selang untuk pembuangannya itu mengalami pecah di bagian tengah sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal karena bocornya selang untuk pembuangan ini seringkali terjadi. Dan sebagai catatan kalau Anda mengganti selang nya saja toko di sparepart printer Epson tidak menjual sparepart untuk selang saja kecuali itu selang bekas dia akan mencarikan kanibalan dari printer lain yang mungkin juga sudah rusak. Tetapi apabila anda ingin membeli yang baru Anda membeli selangnya saja tidak bisa karena harus membeli satu paket unit vakumnya. Yang tentunya harganya juga bisa dibilang tidak murah. D

Demikianlah penjelasan saya, yang mungkin cukup panjang yang bisa menjadikan pertimbangan untuk anda mengenai kelebihan dan kekurangan printer Epson l3150 ini semoga bisa menambah informasi untuk anda menjadi pertimbangan atas informasi kelebihan dan kekurangan ini apabila Anda ingin membeli printer Epson l3150.

Tambahan informasi:

Untuk printer Epson seri l3150, dan atau l series yang lainnya, ada kelemahan juga pada pompa vakum atau purge.

Apabila printer ini tidak digunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama terkadang untuk sistem vakum nya juga akan mengalami masalah. Kemungkinan dikarenakan kondisi selang yang dipakai untuk vacuum sudah mengalami kerusakan dari elastisitasnya. Sehingga proses vacuum tidak bisa maksimal. Yang berakibat pada hasil cetak dari printer Epson l series, atau dalam hal ini Epson l3150, hasil cetaknya akan menjadi tidak bisa maksimal, dan menyebabkan pengguna akan sering melakukan proses cleaning head di saat mau memakai printer. Dikarenakan hasil yang tidak sempurna karena rusaknya sistem pompa pada printer Epson.

Purge atau pompa vacum printer epson L3150

Leave a Reply

Your email address will not be published.