Cara Membersihkan Head Printer Epson L series

Kali ini kita belajar bersama, mengenai seputar head printer Epson, banyak yang dapat kita pelajari dari head printer, yang paling banyak di cari adalah ‘cara membersihkan head printer epson L series’ termasuk di dalam nya L120, L300, L1300, L100 L110 ataupun L365 Epson, secara garis besar, cara membersihkan head printer adalah dengan Head Cleaning, ini adalah cara membersihkan head printer dengan alat bantu sofware bawaan dari produk printer yang ada dalam sofware drivers yang kita install.

Untuk cara membersihkan head dengan cara head cleaning, sudah banyak yang tahu. karena ini tergolong mudah dan dapat dilakukan siapa saja. bahkan orang awam pun, yang tidak mengetahui seluk beluk per printeran bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan head printer. kenapa saya bilangini cukup muudah? karena kita tidak perlu sampai harus membongkar unit printer yang akan kita bersihkan head nya.

Berikut ini adalah langkah langkah cara membersihkan head printer Epson

1. Check langsung hasil cetak printer dengan menggunakan sofware dengan Nozzle test, dari hasil nozzle test dapat dijadikan acuan kondisi head itu seperti apa, apakah perlu dilakukan cleaning head ataukah belum. Apabila hasil test nozle masih bagus. maka anda tidak perlu melakukan cleaning head.

Tapi apabila hasil test dari nozle nya tidak bagus, anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya yakni cleaning head. Lakukan cleaning head dengan sofware, cukup sekali saja dulu. dan check hasilnya seperti apa, kalo hasil test tidak bagus, jangan anda lanjutkan cleaning head, stop.

2. Check inktank dari printer anda, apakah kondisi inktank ada stok tinta yang cukup, kenapa saya anjurkan check inktank? karena apabila anda melanjutkan cleaning tapi kondisi inktank anda kosong, hal ini akan ber akibat fatal, head anda akan mengalami kebuntuan kronis, kenapa? karena saat kita melakukan cleaning dengan posisi inktank kosong, sama saja memaksa head bekerja keras tapi tanpa pelumas. cleaning justru akan membakar sisa tinta yang ada dalam saluran nozzle. ini penting.

3. Apabila kondisi inktank kosong anda harus sedot dulu manual dengan spuit atau suntik an, yang dimasukkan ke dalam inktank dan sedot tinta supaya inktank terisi tinta hingga penuh. setelah penuh pasang kembali inktank dan anda bisa lanjutkan dengan cleaning head dengan cara menjalankan software cleaning dari program di maintenance printer.
dan apabila hasi masih belum bagus, laukan kembali cleaning, tapi saya sarankan cukup anda melakukan 3 kali cleaning.
kalo hasilnya masih kurang bagus. anda harus melakukan cleaning dengan cara manual. yang akan saya bahas di artikel saya yang lainnya.

Ingat, sayangi head printer epson anda, karena kalau anda tahu cara memperlakukan head printer epson dengan kasih sayang, maka head printer anda juga akan awaet dan sayang kepada anda. Salam Rahayu.

sumber: pengalaman di lapangan.

Toko Micro

Antara Surabaya & Sidoarjo

Perumahan Pondok Wage Indah II Blok OO-15 Wage

Home : 031-8535768

Call / SMS  0851.0052.2775

Call/ WA  0857.3016.7820

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *